Apakah aman berhubungan seks selama kemoterapi?

Kanker Dan Kehidupan Pribadi: Perawatan kanker berlangsung sangat lama. Kalau soal kemoterapi, maka waktunya bisa lebih lama lagi. Dalam situasi seperti itu, kehidupan pribadi orang tersebut akan terpengaruh. Pelajari lebih lanjut tentang ini di sini

Kemoterapi Dan Hubungan: Kanker menjadi penyakit umum di zaman sekarang. Begitu pasien kanker meningkat dan rumah sakit kanker semakin ramai, situasinya sangat menakutkan. Kanker dengan cepat mengambil cengkeramannya tidak hanya untuk orang tua tetapi dari anak-anak hingga orang muda. 

Namun, pengobatan kanker tergantung pada jenis kankernya, di bagian tubuh mana, dan stadiumnya. Jika kanker terdeteksi pada stadium primer, dapat disembuhkan melalui obat-obatan dan pembedahan. Tetapi jika kanker terlambat terdeteksi, kemoterapi adalah satu-satunya obat untuk itu.

Sel kanker dikeringkan melalui kemoterapi. Ada berbagai jenis kemoterapi. Tapi pekerjaan mereka sama. Kanker benar-benar sembuh melalui kemo. Namun, sekali lagi ini tergantung pada jenis kanker dan kondisi pasien. Kemoterapi terbaru telah menjadi jauh lebih maju dari sebelumnya dan sekarang masalah rambut rontok atau muntah selama kemoterapi tidak sama seperti sebelumnya.

Kemoterapi dan seks

Ketika seseorang menjalani kemoterapi, hal itu jelas berpengaruh pada kehidupan seksnya juga. Karena selama ini orang tersebut terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan dan banyak terjadi kelemahan pada tubuhnya. Tetapi sekarang muncul pertanyaan bahwa jika seseorang ingin menikmati kehidupan kamar tidurnya, apakah mungkin selama kemoterapi? 

Karena pengobatan dengan kemo tidak berlangsung selama satu atau dua hari, tetapi dibutuhkan sekitar satu tahun untuk memiliki 7 hingga 8 kemo dengan jeda satu hingga satu setengah bulan.

Jadi jawabannya adalah kehidupan seks bisa dinikmati selama kemo. Itu tidak memiliki efek samping. Namun karena melemahnya tubuh, selalu ada risiko berbagai jenis infeksi. Jadi beberapa hal khusus harus diingat 

Bicaralah dengan dokter Anda tentang hal ini dan ambil tindakan apa pun hanya setelah berbicara. Karena kemoterapi adalah perawatan yang sangat sensitif, situasi pada setiap pasien berbeda. Oleh karena itu tidak ada saran yang dapat dibuat di gen.

Jika Anda tahu bahwa saat ini jumlah sel darah putih dalam tubuh Anda rendah, maka seks sebaiknya dihindari. Karena ini sangat meningkatkan risiko infeksi.

Jumlah trombosit sering turun selama kemoterapi. Seks harus dihindari ketika jumlah trombosit rendah. Karena dalam situasi ini ada risiko pendarahan.

Seperti disebutkan di atas, tubuh sangat lemah selama kemoterapi. Dalam situasi seperti itu, mungkin ada masalah rasa sakit di bagian pribadi saat berhubungan seks. Jika demikian, maka seks harus dihindari.

Hindari kehamilan

Gunakan alat kontrasepsi, terutama kondom, saat berhubungan seks selama kemo. Karena jika kehamilan terjadi selama ini, maka anak yang akan dilahirkan menderita beberapa kelainan sejak lahir.

Kanker alat kelamin Jika seseorang menderita kanker

alat kelamin atau rektum, maka berhubungan seks harus dihindari sepenuhnya. Dalam situasi ini, pasangan Anda membutuhkan cinta dan kepemilikan Anda. Berbicara dengannya tentang seks atau mengungkapkan keinginan akan seperti memberinya rasa sakit emosional.

Terima Kasih..

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url